Keseruan Diklat Ruang dan Diklat Lapang UKM PSM FH UNEJ Lex Veritatis Chorale


Diklat Unit Kegiatan Mahasiswa PSM FH UNEJ Lex Veritatis Chorale merupakan salah satu kegiatan dari Lex Veritatis Chorale (LVC) dalam mempersiapkan mahasiswa FH UNEJ untuk menjadi bagian dari Lex Veritatis Chorale. Diklat Lex Veritatis Chorale diikuti oleh 53 orang peserta yang kemudian dibagi kedalam 9 kelompok. Diklat ini dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu diklat ruang pada 16-17 Maret 2024 di Auditorium Lantai 5 Pasca Sarjana FH UNEJ dan diklat lapang di laksanakan pada tanggal 23-24 Maret 2024 yang di laksanakan di Eko Wisata Sentool. 

 Diklat ruang LVC di laksanakan selama dua hari. Hari pertama yaitu tanggal 16 Maret 2024 diisi dengan pembukaan diklat oleh Ibu Ikarini Widiyanti S.H., M.H. selaku Pembina dari Unit Kegiatan Mahasiswa PSM FH UNEJ Lex Veritatis Chorale dan Dr. Ermanto Fahamsyah S.H., M.H., CLA. selaku Wakil Dekan III FH UNEJ. Selain itu, pada hari pertama juga diisi dengan beberapa materi yakni Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual oleh Ibu Dr. Galuh Puspaningrum S.H., M.H. kemudian AD/ART oleh Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Lex Veritatis Chorale, keorganisasian oleh Demisioner Lex Veritatis Chorale, dan materi mengenai empat divisi yaitu Humas, Kepelatihan, Pengembangan, dan Rumah Tangga (RT) oleh masing masing Kepala Divisi dan Sekretaris Divisi.

Pada diklat hari kedua yaitu pada tanggal 17 Maret 2024 diisi dengan materi mengenai kepaduan suaraan oleh Mas Supriyanto selaku Coach Lex Veritatis Chorale. Kegiatan selanjutnya diisi dengan tes suara dan riview materi yang dilaksanakan dengan konsep ‘pos materi’ yang bertempat di Lantai 1 dan Lantai 2 Cafetaria FH UNEJ.

Diklat lapang Lex Veritatis Chorale juga dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 23-24 Maret 2024 yang bertempat di Eko Wisata Sentool. Pada hari pertama diklat lapang, para peserta berkumpul terlebih dahulu di Fakultas Hukum untuk dilaksanakan briefing, kemudian bersama sama akan berangkat menuju lokasi diklat di Eko Wisata Sentool. Kegiatan pada diklat lapang hari pertama diisi dengan materi mengenai proposal yang di sampaikan langsung oleh Sekretaris Umum Lex Veritatis Chorale dan kemudian dilanjutkan dengan games dan outdoor yang dipandu langsung oleh panitia, kemudian setelah kegiatan games, dilanjutkan lagi dengan kegiatan sharing session oleh para alumni dan demisioner Lex Veritatis Chorale sembari menunggu adzan magrib dan buka puasa bersama.




Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan malam keakraban (makrab) yang diisi dengan penampilan dari setiap kelompok, bakar jagung, dan api unggun. Pada kegiatan api unggun tersebut juga diisi dengan pengumuman kelompok dengan penampilan terbaik, dan nominasi-nominasi peserta fully energy, bahagia tanpa batas, dan semangat tanpa batas. Kemudian pada tengah malam menjelang waktu sahur, dilanjutkan dengan kegiatan jurit malam guna menanamkan sikap kekeluargaan, berani, serta saling menjaga pada setiap peserta sebagai satu keluarga Lex Veritatis Chorale.

Pada hari kedua diklat lapang diisi dengan sahur bersama dan penutupan rangkaian kegiatan diklat. Penutupan agenda diklat dilakukan oleh Ketua Umum Lex Veritatis Chorale. Kemudian setelah penutupan acara, para peserta dan penitia melakukan sesi foto bersama sebelum kembali ke Fakultas Hukum.


Lex Veritatis Chorale mewadahi setiap mahasiswa Fakultas Hukum yang memiliki minat dan bakat dalam bidang kepaduan suaraan. Melalui diklat tersebut, diharapkan agar seluruh peserta diklat tidak awam lagi dengan dunia paduan suara dan semoga melalui diklat ini juga dapat menjadi wadah bagi para peserta diklat khususnya juga bagi para calon anggota Lex Veritatis Chorale dalam berorganisasi. Selain itu, harapan kedepannya semoga para calon anggota Lex Veritatis Chorale dapat mencatatkan banyak prestasi baik dikancah nasional maupun internasional guna mengharumkan nama Lex Veritatis Chorale dan juga Fakultas Hukum Universitas Jember.

#LexVeritatisChorale #JayaJayaJaya

 

Social Media
Instagram : @LexVeritatisChorale
Youtube    : Lex Veritatis Chorale
Tik Tok      : lexveritatischorale

Komentar