Dibalik Nama dan Lambang Lex Veritatis Chorale

Setelah postingan sebelumnya membahas tentang profil singkat PSM FH UNEJ, postingan kali ini akan membahas makna dari nama serta logo PSM FH UNEJ

Selamat Membaca:)

 

PSM FH UNEJ resmi menggunakan nama Lex Veritatis Chorale pada Tahun 2017. Namun ide nama tersebut sudah ada sejak tahun 2014, tepat setelah menjuarai Lomba Paduan Suara Antar Fakultas (LPSAF) di Universitas Jember. Setelah kurang lebih 15 tahun belum mampu menunjukkan taringnya.

Penggunaan nama ini dilatarbelakangi oleh keinginan anggota PSM untuk melebarkan sayap ke tingkat nasional setelah berhasil menaklukan lomba di tingkat regional. Pada saat itu UKM PSM yang belum memiliki nama, membuat anggota PSM tergerak untuk menggunakan nama yang lebih bermakna dan memberikan kesan.

Nama Lex Veritatis Chorale sendiri diusulkan oleh Yuda Pratama (Angkatan 2014). Lex Veritatis Chorale berasal dari bahasa Latin. Lex berarti “Hukum”, Veritatis berarti “Keadilan”, dan Chorale berarti “Paduan Suara”. Lex Veritatis Chorale memiliki arti “Paduan Suara Mahasiswa Hukum yang Bernyanyi Untuk Keadilan.” Alasan kenapa digunakan bahasa Latin dalam pemilihan nama ini adalah karena Paduan Suara tidak dapat dilepaskan dari budaya Eropa.

Tentu saja nama Lex Veritatis Chorale bukan satu-satunya usulan yang sempat dijadikan pilihan. Nama ini berhasil terpilih setelah dimusyawarahkan oleh seluruh anggota PSM. Lahirnya nama Lex Veritatis Chorale didasari oleh gagasan bahwa mahasiswa Fakultas Hukum harus mampu menyuarakan keadilan, salah satu medianya adalah melalui nyanyian. Oleh karena itu di dalam tubuh organisasi Lex Veritatis Chorale, ditanamkan asas-asas yang mengandung nilai-nilai integritas, dengan harapan dapat membangun sikap berkeadilan dalam diri anggotanya.

Setelah mengetahui makna dibalik nama Lex Veritatis Chorale, saatnya mengupas makna dari lambang yang digunakan Lex Veritatis Chorale.

Lambang Lex Veritatis Chorale

Seperti pada gambar diatas, lambang Lex Veritatis Chorale terdiri dari enam simbol, yaitu:

1.        Gambar Dewi Keadilan melambangkan Fakultas Hukum.

2.        Gambar Harpa melambangkan seni musikalisasi.

3.        Gambar Padi melambangkan kebersamaan.

4.        Garis tepi melambangkan persatuan dan kesatuan.

5.        Tulisan PSM-FH melambangkan identitas.

6.        Tulisan UNIVERSITAS JEMBER melambangkan almamater.

 

 

Sekian penjelasan makna lambang dan nama Lex Veritatis Chorale.

Terimakasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya!

Komentar