Keseruan Selama Berlangsungnya Diklat UKM Lex Veritatis Chorale


Diklat Unit Kegiatan Mahasiswa PSM FH UNEJ Lex Veritatis Chorale merupakan salah satu kegiatan dari Lex Veritatis Chorale (LVC) dalam menyiapkan mahasiswa FH UNEJ untuk menjadi bagian dari Lex Veritatis Chorale. Dikat Lex Veritatis Chorale diikuti oleh 33 peserta yang kemudian dibagi kedalam 5 kelompok. Diklat ini dilaksanakan sebanyak dua kali yaitu diklat ruang pada 11-12 Maret 2023 di Auditorium FH UNEJ, dan diklat lapangnya di laksanakan pada 25-26 Maret 2023 yang dilaksanakan di Seger Nusantara.

Diklat ruang LVC dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama yaitu tanggal 11 Maret 2023 diisi dengan pembukaan diklat oleh Ibu Ikarini Dani Widiyanti S.H., M.H. selaku Pembina Lex Veritatis Chorale. Selain itu, pada hari pertama juga diisi dengan beberapa materi terkait Hak Cipta dan Hak Kekayaan Intelektual, AD/ART, keorganisasian, dan materi tentang empat divisi yaitu Humas, Kepelatihan, Pengembangan, dan Rumah Tangga.

Pada diklat dihari kedua, diisi dengan materi tentang kepaduan suaraan oleh Mas Supriyanto selaku Coach Lex Veritatis Chorale. Kegiatan selanjutnya diisi dengan tes suara dan riview materi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan konsep ‘pos materi’ dan disebar diseluruh penjuru Fakultas Hukum. 

Dikat lapang LVC juga dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 25-26 Maret 2023 yang bertempat di Seger Nusantara. Pada hari pertama diklat ruang, para peserta dikumpulkan di Fakultas Hukum untuk dibriefing terlebih dahulu, kemudian bersama-sama menuju lokasi diklat di Seger Nusantara. Kegiatan pada diklat lapang dihari pertama diisi dengan materi tentang proposal dan dilanjutkan games outdoor yang dipandu panitia. Setelah kegiatan games, dilanjutkan kegiatan sharing session oleh para demisioner sembari menunggu adzan magrib dan buka bersama.

Pada malam harinya dilanjutkan dengan kegiatan makrab yang di isi dengan Penampilan tiap kelompok dan api unggun. Pada kegiatan api unggun tersebut, diisi dengan pengumuman kelompok dengan penampilan terbaik serta pembacaan nominasi-nominasi peserta tercantik, tertampan, terlucu, dan sebagainya. Kemudian pada tengah malem menjelang waktu sahur, dilanjutkan kegiatan jurit malam guna menanamkan sikap pemberani dan saling menjaga pada setiap peserta.

Pada hari kedua diklat lapang, diisi dengan sahur bersama dan penutupan rangkaian diklat. Penutupan agenda diklat dilakukan oleh ketua Umum Lex Veritatis Chorale. Setelah penutupan, para peserta dan panitia melakukan sesi foto sebelum kembali ke Fakultas Hukum. 

Lex Veritatis Chorale mewadahi setiap mahasiswa yang memiliki minat dan bakat di bidang kepaduan suaraan, sehingga pada agenda kegiatan diklatnya lebih ditekankan pada materi kepaduan suaraan. Melalui diklat tersebut, diharapkan agar seluruh peserta diklat tidak awam lagi dengan paduan suara dan semoga bisa menjadi wadah bagi para mahasiswa khususnya calon anggota Lex Veritatis Chorale dalam berorganisasi. Selain itu, harapan kedepannya semoga para calon anggota LVC dapat mencatatkan prestasi sebanyak-banyaknya baik dikancah nasional maupun internasional.

#LexVeritatisChorale #JayaJayaJaya


Social Media
Instagram    : @LexVeritatisChorale
YouTube      : Lex Veritatis Chorale
Tik tok         : lexveritatischorale

Komentar