Pelantikan Calon Anggota Baru Lex Veritatis Chorale PSM FH UNEJ 2020

Pada hari Minggu, 27 September 2020 PSM FH UNEJ ( Lex Veritatis Chorale ) mengadakan acara pelantikan calon anggota baru tahun 2020. Acara pelantikan calon anggota baru tahun ini, berbeda dari acara pelantikan di tahun- tahun sebelumnya, karena acara pelantikan calon anggota baru tahun ini diadakan secara online melalui platform Zoom sebagai dampak dari adanya pandemi Covid- 19. Oleh karena itu, seluruh peserta, panitia, dan tamu undangan terpaksa menghadiri acara pelantikan melalui virtual video call dari tempat tinggal masing- masing. 

Acara pelantikan calon anggota baru dimulai pada pukul 10.00 WIB dan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Universitas Jember, dan Hymne Universitas Jember. Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembacaan laporan dari rangkaian diklat calon anggota baru oleh Dadang Arya Bhakti selaku ketua panitia diklat 2020. Menurut laporan yang disampaikan oleh ketua panitia, bahwa telah dilaksanakan diklat ruang pada hari Sabtu, 14 Maret 2020 yang bertempat di ruang MMC Fakultas Hukum Universitas Jember dengan jumlah 72 peserta. Diklat juga dilaksanakan dengan mengundang pembicara salah satunya adalah Supriyanto Harmanie sebagai pelatih UKM PSM FH UNEJ dan Bapak Mardi Handono, S.H, M.H. selaku dosen Fakultas Hukum Universitas Jember. Namun sayangnya ditengah acara, diklat  terpaksa dibubarakan karena himbauan rektor tentang  wabah Covid-19 yang mengharuskan untuk tidak melaksanakan kegiatan apapun di lingkungan kampus yang melibatkan banyak orang. Sehingga acara diklat terpaksa dilanjutkan secara daring pada hari  Sabtu, 30 Mei 2020 sampai hari Minggu, 31 Mei 2020. Selanjutnya, sebagai kegiatan terakhir dari rangkaian acara diklat adalah pelantikan calon anggota baru UKM PSM FH UNEJ yang dilaksanakan pada hari Minggu, 27 September 2020 dengan melantik 72 peserta calon anggota baru Lex Veritatis Chorale PSM FH UNEJ. 


( dok. Sambutan Ibu Ikarini Dani Widiyanti, S.H., M.H.)

Acara pelantikan calon anggota baru kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Ikarini Dani Widiyanti, S.H., M.H. selaku pembina PSM FH UNEJ. Pada sambutan singkatnya beliau menyampaikan bahwa, walaupun anggota PSM FH UNEJ terus digantikan dengan kader- kader baru, tetapi anggota PSM FH UNEJ harus tetap bersemangat dalam menjaga kualitas dan terus berkreasi dengan menyalurkan ilmu- ilmu yang ada kepada sesama, sebagai bentuk dari investasi ilmu yang harus dilakukan oleh seorang mahasiswa. Beliau juga berpesan kepada anggota baru PSM FH UNEJ agar bersemangat untuk bersama memajukan PSM FH UNEJ dengan belajar mencintai seluruh tanggungjawab yang akan diemban dalam kegiatan paduan suara, sehingga para anggota baru akan melakukan yang terbaik dalam kontribusinya mengembangkan PSM FH UNEJ. 


(dok. Pembacaan Ikrar oleh Ketua Umum dan Calon Aggota Baru PSM FH UNEJ)

(dok. Penyematan Pin Kepada Perwakilan Calon Anggota Baru PSM FH UNEJ oleh Ketua Umum)

Setelah sambutan dari Ibu Ikarini, acara dilanjutkan dengan pengenalan pengurus PSM FH UNEJ dan masuk ke dalam acara utama, yaitu  pembacaan ikrar yang dipimpin oleh Jeremya Martin Nugroho selaku ketua umum PSM FH UNEJ yang diikuti oleh seluruh peserta pelantikan. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyematan pin oleh ketua umum kepada perwakilan dari calon anggota baru PSM FH UNEJ, dalam hal ini diwakilkan oleh Bintang Sabda Ramadhan dan Nadilla Azzachrani dari Angkatan 2019 Lex Veritatis Chorale. Setelah acara utama selesai, ketua umum PSM FH UNEJ menyampaikan pidato pengukuhan, dimana dalam pidato tersebut ketua umum mengucapkan selamat kepada seluruh anggota baru yang telah dilantik dan menyampaikan harapan agar anggota baru bisa segera berpartisipasi dalam pelaksanaan program kerja dan event lomba kedepannya. Selain itu, ketua umum juga menyampaikan pentingnya berkoordinasi, berkomunikasi, dan bertanggungjawab dalam seluruh kegiatan yang ada di Lex Veritatis Chorale, serta menghimbau seluruh anggota baru untuk mematuhi aturan yang ada. “ PSM FH UNEJ memang tidak bisa memberikan apapun kepada kalian, tetapi kalian bisa memberikan yang terbaik untuk PSM FH UNEJ. “ ujar Jeremya Martin Nugroho diakhir pidatonya . Setelah acara utama berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan pembagian divisi anggota baru oleh Zulfan Thariq selaku skretaris PSM FH UNEJ dan acara diakhiri dengan doa, kemudian acara ditutup dengan foto bersama.

Kesan dan Pesan Panitia Diklat & Pelantikan Calon Anggota Baru PSM FH UNEJ 2020

Karena perbedaan kondisi dalam melangsungkan acara diklat dan pelantikan calon anggota baru PSM FH UNEJ, tentunya terdapat kesan dan pesan tersendiri yang dialami oleh panitia selama acara berlangsung. Salah satunya dalam bekoordinasi antara panitia dengan panitia, maupun antara panitia dengan pengurus inti yang sering terjadi kesalahpahaman dikarenakan koordinasi jarak jauh yang memang rawan akan ketidakjelasan. Namun, semua itu akhirnya dapat terselesaikan berkat komunikasi yang baik antar panitia dan pengurus inti. Tidak hanya disitu saja, keterbatasan media daring juga menjadi kendala tersendiri terutama masalah jaringan internet yang terkadang ada gangguan dan juga media yang digunakan untuk diklat daring masih belum memadai. Tetapi, meskipun terkendala dengan media daring namun kegiatan diklat dan pelantikan tetap dilaksanakan, sehingga pada akhirnya dapat selesai dengan hasil yang cukup baik.

Kesan dan Pesan Calon Anggota Baru PSM FH UNEJ 2020

Prosesi pelantikan yang tetap dilakukan dimasa pandemi tentu memberikan kesan yang berbeda dan mendalam bagi para anggota baru PSM FH UNEJ. Seperti yang dirasakan oleh Fian (Alto, 2019) yang merasa senang setelah dilantik secara resmi menjadi anggota PSM FH UNEJ, terlebih dirinya sudah memiliki keinginan bergabung dengan PSM sejak menjadi mahasiswa baru. Tujuan utamanya selain mencari sarana menyalurkan passion dalam bernyanyi, juga mendapatkan ilmu-ilmu lain dari berbagai kegiatan paduan suara. Ia juga menambahkan, harapan kedepan sebagai anggota baru PSM FH UNEJ agar tetap menjaga semangat dan keaktifan PSM FH UNEJ terlebih dimasa pandemi seperti saat ini. Satria (Bass, 2019) juga merasakan hal yang serupa, kesan pertamanya setelah resmi dilantik adalah merasa senang karena telah sepenuhnya menjadi anggota PSM FH UNEJ setelah sebelumnya sempat berpartisipasi dalam persiapan LPSAF. Harapan kedepan agar dapat terus berkembang bersama keluarga besar PSM dan semakin melebarkan sayap di tingkat nasional hingga tingkat internasional.

Sekian update dari agenda Pelantikan Calon Anggota Baru Lex Veritatis Chorale PSM FH UNEJ 2020. Semoga teman- teman yang telah dilantik dapat bertanggungjawab dalam mengemban seluruh amanah yang ada. Tidak lupa juga agar tetap semangat menghadapi tantangan- tantangan dalam pandemi Covid-19 ini. Sampai jumpa di agenda berikutnya! 

Lex Veritatis Chorale, Jaya! Jaya! Jaya!

Komentar