MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI MELALUI PADUAN SUARA

 



Baru pemula belum bisa menyanyi gimana ya? Apa ikut paduan suara aja? Tapi apa sih paduan suara itu? Paduan suara adalah istilah yang merujuk pada ensembel musik yang terdiri atas penyanyi-penyanyi maupun musik yang dibawakan oleh ensembel tersebut. umumnya suatu kelompok paduan suara membawakan musik paduan suara yang terdiri atas beberapa bagian suara.

Belajar Menyanyikan Harmoni dalam Paduan Suara

Harmoni adalah beberapa suara yang berbeda yang dihasilkan serentak. Bergabung pada suara dalah kunci untuk belajar cara menyanyikan harmoni. Secara umum, ada tiga notasi utama : root, ketiga, dan kelima. Suara utama akan menyanyikan root sedangkan suara-suara lain akan menyanyikan yang ketiga dan kelima. Pada paduan suara menyayi selaras dengan orang lain adalah salah satu teknik vokal utama yang harus dikuasai. Jika sudah menguasai, kalian bisa belajar menyelaraskan dengan semua nada dan semua penyanyi. Tetapi hal ini bukanlah satu-satunya teknik yang bisa dipelajari dalam paduan suara, ada kesempatan juga untuk mengembangkan vibrato dan kontrol napas.

Selain itu, kalian dapat melakukan atau belajar teknik vokal sendiri di rumah lo! Apalagi waktu liburan gini kalian bisa memanfaatkan waktu luang kalian agar tetap produktif dengan belajar teknik vokal di rumah.

1.      Pemanasan Suara

Pemanasan suara ini dapat meningkatkan suara dan memastikan bahwa tidak akan merusak laring atau pita suara.

2.      Latihan Pernapasan saat Berbaring

Bernafas sangat penting dalam har bernyanyi. Untuk bernyanyi dalam nada yang tepat dengan suara yang kuat dan bergerak semua tergantung pada paru-paru kalian sendiri. Jadi sangat diperlukan untuk latihan pernafasan’

3.     Berusaha Memproyeksikan Suara

Tidak ada yang lebih buruk daripada mencoba bernyanyi dengan keras. Untuk memproyeksikan suara seefektif mungkin, kalian dapat menggunakan otot perut untuk mencapainya.

4.      Meningkatkan Keterampilan Lidah

Untuk menghindari lidah bergerak mundur yang cenderung terjadi pada sopran, alangkah baiknya jika kalian melakukan senam linguistik untuk meningkatkan keterampulan lidah.

Dalam menjadi anggota paduan suara, ada banyak keuntungan yang bisa di dapatkan. Selain manfaat fisik dan psikologis dari aktivitas bernyanyi, bergabung dengan paduan suara dapat membantu menikmati dinamika kelompok, meningkatkan kemampuan bernyanyi, mengembangkan rasa percaya diri, dan dapat bertemu dengan orang-orang baru, serta mendapat relasi yang luas.

Sumber :www.superprof.co.id

Komentar