KENALI LEBIH DALAM TENTANG PEMBAGIAN SUARA DALAM PADUAN SUARA



    Paduan suara merupakan sekumpulan atau komunitas dari para pecinta harmoni padu padan dari suatu bagian suara setiap manusia. Berbeda dengan vocal group yang hanya terdiri dari 3-10 orang, dalam satu komposisi paduan suara atau choir bisa terdiri dari belasan hingga puluhan personel. Paduan suara banyak memiliki ajang perlombaan yang sangat diminati oleh banyak kalangan, baik ajang dalam skala nasional hingga skala internasional. Lagu yang dibawakan pun memiliki berbagai macam tipe atau genre, yaitu ethnic, simfonik, opera, musica sacra, jazz, dan musik populer.

    Dibandingkan vocal group, paduan suara jauh lebih kompleks dari segi pembagian suara para personelnya. Pembagian suara dalam vocal group cukup dibagi menjadi suara 1, 2, dan 3 lalu selanjutnya disesuaikan dengan kemampuan dan kecocokan suara masing-masing personel. Sedangkan pembagian suara yang umum dalam paduan suara terdiri dari sopran, alto, tenor, dan bass.

 

Pembagian suara dalam paduan suara:

1.    Sopran

Sopran memiliki standar jangkauan suara sekitar C4/C#4 hingga C6/C#6. Sopran memiliki makna supra atau super, artinya di atas. Bahkan wilayah suara ini terlalu tinggi untuk falsetto pria dalam musik opera atau paduan suara. Penyanyi ternama Isyana Sarasvati adalah contoh penyanyi dengan suara sopran yang sangat bertalenta di Indonesia maupun dunia internasional.

2.    Alto

Alto yang berarti tinggi memiliki wilayah suara sekitar E3/F3 hingga E5/F5. Untuk wanita dalam wilayah ini disebut Alto, sedangkan untuk pria disebut Kontra Tenor. Karena berada di bawah nada Sopran, maka sering disebut sebagai wilayah rendah suara wanita.

3.    Tenor

Suara Tenor memiliki jangkauan atau wilayah suara sekitar C3/C#3 hingga C5/C#5. Tenor sering disebut sebagai wilayah suara tinggi bagi kaum pria. Untuk pria dalam wilayah ini disebut Tenor, sedangkan untuk wanita disebut Kontra Alto. Dalam paduan suara, Tenor ditulis di posisi terendah kedua, di atas suara Bass dan di bawah suara Sopran serta Alto.

4.    Bass

Suara Bass memiliki range atau wilayah suara sekitar E2/F2 dan tertinggi E4/F4. Suara Bass terdengar paling gagah dalam paduan suara karena jangkauan nada-nada rendah yang menjadi penambah rasa padu padan yang lengkap. Sesuai dengan namanya, Bass juga berfungsi sebagai root atau akar sebagai dasar dari sebuah lagu dalam paduan suara.

 

Setelah mengenal berbagai macam jenis suara tersebut, maka paduan suara ataupun vocal group merupakan cara yang bagus bagi pemula untuk meningkatkan kemampuan bernyanyi tanpa perlu pelatih vokal khusus. Selain sebagai sarana untuk menambah kemampuan dan penyaluran bakat dalam bernyanyi, paduan suara juga dapat menjadi wadah eksplorasi diri bagi setiap personel atau anggotanya baik dalam bidang musik maupun kegiatan berorganisasi.

 

Sumber    : https://www.hipwee.com/list/dalam-paduan-suara-kamu-termasuk-suara-apa/

                  https://www.superprof.co.id/blog/bernyanyi-dalam-grup-paduan-suara/

                  https://www.mainmain.id/r/1326/ini-dia-perbedaan-vocal-group-dan-paduan-suara-3?amp=1

Komentar