Coba lakukan hal berikut untuk menjaga kualitas suara!


Suara merupakan salah satu media bagi manusia untuk berekspresi dan berkomunikasi. Saat bergumam, berbicara dan bernyanyi manusia mengeluarkan suara. Oleh karena itu, suara merupakan salah satu aset penting yang mesti dijaga dan dirawat dengan baik, terutama bagi mereka yang senang bernyanyi.

Di tengah pandemi saat ini, banyak orang yang mulai tertarik untuk berlatih menyanyi. Tentu diperlukan suara yang merdu agar sebuah nyanyian enak di dengar. Selain dengan latihan vokal, kualitas suara yang baik dapat di dapatkan dengan menjaga pita suara dari hal-hal yang mampu melukainya. Karena seperti organ lain, pita suara juga dapat terluka dan terserang penyakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pita suara tetap dalam kondisi prima. Berikut ini adalah penjelasannya:

1.             Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Ternyata untuk memperoleh suara yang prima, seorang penyanyi harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang mereka konsumsi.

Hindari mengonsumsi makanan pedas atau berminyak, karena dapat meningkatkan suhu pada tenggorokan dan menyebabkan disfungsi pita suara. Kemudian untuk menjaga elastisitas pita suara, hindari minuman bersuhu rendah.

2.             Hindari rokok, kafein, dan alkohol

Merokok meningkatkan risiko kanker tenggorokan, bahkan bagi perokok pasif, asap rokok dapat menyebabkan iritasi pada pita suara.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein dan alkohol juga kurang baik untuk mereka yang senang bernyanyi.  Kafein dan alkohol dipercaya dapat menurunkan elastisitas pita suara karena dapat menghilangkan pelumass pada lipatan pita suara.

3.             Hindari pemakaian pita suara berlebihan

Jangan terlalu sering berteriak atau menjerit, apabila terpaksa untuk berbicara di hadapan banyak orang atau di tempat bising gunakan alat pengeras suara. Bila tenggorokan mulai terasa kering atau suara mulai serak, kurangi penggunaan suara. Suara yang parau atau serak merupakan tanda pita suara mengalami iritasi.

4.             Cukupi kebutuhan cairan

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit, juga sebagai daya kinerja otak dan energi. Agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi minumlah air putih yang cukup setiap harinya.

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, air juga dapat berlaku sebagai pelumas pada pita suara yang bergetar sangat cepat.

5.             Hindari asam lambung tinggi

Asam lambung merupakan zat yang dapat membantu mencerna makanan. Namun asam lambung dalam jumlah yang tinngi dapat merusak pita suara dan menyebabkan masalah pada jantung atau paru-paru. Hal ini disebabkan oleh sifat asam lambung yang korosif.

Untuk itu kondisi asam lambung harus dipertahankan dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga pola makan.

6.             Jagalah otot leher tetap rileks

Menjaga kondisi pita suara agar tetap prima berarti menjaga seluruh bagian tenggorokan dan leher. Hindari memiringkan dan menundukkan kepala ketika bernyanyi, karena dapat membuat otot leher menjadi tegang dan berpengaruh pada kemampuan jangkauan vokal dalam jangka panjang.

7.             Jangan terlalu sering membersihkan tenggorokan

Hindari berdahak terlalu sering untuk membersihkan tenggorok karena bisa menyebabkan suara parau. Apabila tenggorokan terasa tidak nyaman cobalah untuk mengonsumsi air hangat atau air perasan jeruk nipis yang ditambah madu.

8.             Rutin berolahraga

Olahraga secara rutin dapat membuat pernafasan teratur, lebih kuat dan panjang. Tentu saja ini sangat berguna dalam bernyanyi. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan secara rutin seperti yoga, bersepeda atau lari.

9.             Lakukan latihan

Agar pita suara tetap lentuh seseorang harus rajin berlatih, salah satu caranya adalah dengaan bersenandung kecil di pagi hari sebagai upaya “pemanasan”.

Latihan pernafasan dalam juga sangat dibutuhkan. Untuk melatih pernafasan dalam coba untuk melakukan pernafasan paru-paru dan diafragma dengan mengambil udara dalam-dalam dan mengeluarkannya sampai habis.

Latihan pernafasan ini harus dilakukan secara rutin sambil duduk, berdiri, bahkan berbaring. Jika kamu mengambil posisi duduk dan berdiri, kamu bisa menempatkan tangan di atas perutmu dan memaksa keluar semua udara yang kamu hirup. Apabila kamu mengambil posisi berbaring saat latihan, kamu bisa meletakkan sebuah buku di dadamu hingga buku tersebut tak bergerak.

Bisa juga melatih vokal dengan lagu-lagu bernada tinggi. Diawali dengan minum air putih hangat sebelum latihan dan melakukan pemanasan.

10.         Istirahat bersuara

Mereka yang sering menggunakan suaranya untuk bekerja, seperti reporter, guru, dan penyanyi, harus memberikan jeda untuk mengistirahatkan suaranya. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya benjolan di pita suara akibat pemakaian suara berlebihan.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga, merawat, serta melatih pita suara agar menghasilkan suara yang merdu.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


sumber: 

https://bp-guide.id/AXEgKmA6

https://lifestyle.kompas.com/read/2010/11/23/11400225/10.Cara.Menjaga.Kualitas.Suara

https://www.youtube.com/watch?v=52nfjRzIaj8

Komentar